Zaezura: “Jangan Pernah Menuntut Anak Ikuti Kemauan Orang Tua Sebelum Kita yang Memulai”

PEMBINAAN Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) Provinsi Jawa Timur digelar di Kampung KB Desa Tanjung Jati, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Senin (12/10/2020).

Dalam kegiatan, BKKBN Provinsi Jawa Timur memberikan pembinaan sekaligus sosialisasi dalam bentuk Talk Show Interaktif dengan narasumber Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso. M.Pd, Ketua TP PKK Kabupaten Bangkalan Zaenab Zuraidah Latif, SE dan Kepala Dinas KBPPA Kabupaten Bangkalan Dra. R. Aminah Rachmawati, M.SI.

Adapun materinya tentang Pembangunan Keluarga Berkualitas, Pencegahan Pernikahan Dini, Pemahaman bagi para remaja tentang kesehatan reproduksi dan pemenuhan gizi bagi remaja untuk mencegah anak yang dilahirkan mengalami stunting apabila kelak memulai kehidupan baru dalam berkeluarga.

Ketua TP PKK Kabupaten Bangkalan Zaenab Zuraidah Latif, SE menyampaikan, untuk orang tua khususnya Ibu berikan rasa nyaman kepada anak, jangan pernah menuntut anak untuk harus mengikuti apa yang menjadi kemauan orang tua sebelum kita yang memulainya dan memberikan apa yang menjadi kebutuhannya.

“Harus berdaya dalam ekonominya, kokoh pondasi agamanya, nampu mengelola emosi dengan cara rasa syukur dan hati bahagia, “Saya Bahagia dan Saya Penebar Bahagia”, “kata Zaenab, istri Bupati Bangkalan yang akrab disapa Zaezura.

This slideshow requires JavaScript.

Sementara, Kepala Dinas KBPPA, Drs. R. Aminah Rachmawati M.SI.menyampaikan, sering kita dengar “Rumahku Surgaku”, inti dari kehidupan itu adalah keluarga. Awali dengan pendidikan itu sangat penting. “Selalu berharap berdoa dan berusaha dengan baik untuk menghasilkan kehidupan yang baik,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M. Pd. menyampaikan, untuk mewujudkan program pemerintah tentang kesejahteraan keluarga perlu persiapan matang bagi para remaja dan jarak anak juga mempengaruhi kualitas anak.

Teguh sapaan akrabnya sangat berharap, dengan adanya wadah binaan dari BKKBN seperti Insan Generasi Remaja (GENRE), Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dan Bina Keluarga Remaja (BKR), Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), para orang tua dan remaja bisa bergabung dalam kegiatan kegiatan produktif dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga, mampu memahami kesehatan produksi, tidak menikah dini, memenuhi pemenuhan gizi bagi remaja untuk mencegah bayi yang dilahirkan mengalami stunting.

Acara dilanjutkan baksos dengan membagikan 300 paket sembako ke rumah warga dengan tiga titik rumah warga pra sejahtera yang dikunjungi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur beserta Ibu, Ketua TP-PKK Kabupaten Bangkalan dan Kepala Dinas BKPPA. WAID – BANGKALAN